Halaman

Materi



Materi


         Pengertian dan Sifat Materi
        Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang, dan massa adalah ukuran kuantitas materi. Adapun dalam mekanika, massa adalah ukuran ketahanan materi terhadap suatu gaya, yang ditandai dengan perubahan kecepatannya sebagaimana dirumuskan oleh Newton F = m a. Berdasarkan persamaan tersebut massa dapat diukur dengan memberikan gaya (F) pada suatu materi dan diukur percepatannya. Tetapi sangat sulit membuat gaya yang konstan karena banyak gaya lain yang mengganggu, maka dipakai gaya gravitasi untuk menentukan massa :
                                               
                                                                               W = m g        
              
Keterangan :
W = gaya gravitasi ( kg . m . S^(-2) )
m = massa (kg)
g = percepatan gravitasi (m.S^(-2))

     Gaya gravitasi sering disebut berat (bobot). Gaya gravitasi bergantung pada jarak benda    dengan pusat bumi, maka nilai W dan g di suatu tempat berbeda dengan di tempat lain sedangkan massa tetap ( m = w/g tetap). Besar percepatan gravitasi di daerah khatulistiwa rata-rata adalah 9,8 ms pangkat min 2. Dengan demikian, berat benda dapat ditentukan dengan mengukur perubahan yang ditimbulkan oleh gaya gravitasi misalnya dengan neraca pegas. Besar pengaruh gaya tarik bumi terhadap pegas dipandang sebagai berat benda tersebut. tetapi untuk mengukur massa dipakai neraca tuas atau timbangan berlengan, yaitu dengan prinsip membandingkan massa suatu benda dengan massa benda yang sudah diketahui (anak timbangan), dengan asumsi bahwa dua benda yang beratnya sama di tempat yang sama mempunyai massa yang sama.

Materi dapat dikenali dari identitas atau sifat-sifatnya. Ada 2 macam sifat materi berdasarkan hubungannya dengan jumlah materi, yaitu :
a. Sifat Intensif, yaitu sifat yang tidak bergantung pada jumlah materi. Contohnya titik didih, 
    titik beku, index bias, suhu, kerapatan, rumus senyawa, wujud zat.
b. Sifat Ekstensif, yaitu sifat yang bergantung pada jumlah materi. Contohnya massa, energi,
    mol, volume, massa jenis.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 All About PGSD IPA. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates