Halaman

Mengukur Besaran Waktu & Besaran Turunannya



a). Mengukur Interval Waktu antar Kejadian
Menurut Sistem Internasional ( SI )satuan waktu adalah detik atau sekon. Bagaimana satuan detik didefinisikan telah kita bahas pada bagian sebelumnya. Dalam kehidupan sehari-hari satuan waktu kadang dinyatakan dalam menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya. Untuk pembelajaran di SD yang dengan konsep waktu, hendaknya dimulai dari satuan waktu yang biasa diunakan oleh siswa serta dengan menggunakan alat ukur yang mereka kenal. Alat ukur yang bisa diperkenalkan dan dilatih penggunaannya kepada siswa antara lain adalah jam tangan (arloji) atau stopwatch.

Mulailah dengan menanamkan konsep pengukur waktu (mulai dari jam matahari, jam pasir, jam tangan, hingga stopwatch). Kemudian jelaskan konversi waktu meliputi detik, menit, jam, hari, minggu dan seterusnya.


b). Mengukur Kecepatan Benda

“Kecepatan” adalah besaran turunan yang terkait erat dengan besaran pokok waktu. Besar kecepatan rata-rata atau bisa disebut dengan laju rata-rata, adalah jarak perpindahan dibagi waktu. Dalam pembelajaran IPA di SD, materi ini cukup sampai menanamkan pemahaman satuan km/jam dan m/s atau m/detik saja.




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 All About PGSD IPA. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates