Halaman

Standar Besaran dan Satuan



Standar Untuk Massa

Lembaga Berat dan Ukuran Internasional menetapkan dan menyimpan sebuah silinder platinum-iridium sebagai standar primer SI untuk massa. Berdasarkan perjanjian Internasional benda ini disebut sebagai massa sebesar 1 Kilogram (1kg). Standar sekunder dikirimkan ke laboratorium standar satuan di seluruh negara. Massa standar lainnya dibandingkan dengan massa standar sekunder ini dengan menggunakan neraca sama lengan. 

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita membutuhkan standar massa lainnya untuk keperluan pengukuran massa berukuran atomik. Selain satuan standar primer untuk massa, saat ini telah dikenal standar massa kedua dalam skala atomik, yaitu massa dari atom C12.

Penggunaan satuan massa (kg) seringkali dalam kehidupan bermasyaakat sehari-hari mengalami kerancuan dengan penggunaan satuan untuk hasil pengukuran berat benda. Sesunguhnya terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara konsep berat dan konsep massa, bukan saja pada penggunaan satuannya melainkan pada konsep fisiknya. 







0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 All About PGSD IPA. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates